Sunday, February 03, 2013

Subsidi Silang Liburan

Pilihan waktu, pengaturan bajet maupun destinasi menjadi fokus utama dalam perencanaan sebuah perjalanan. Semua ini bisa disiasati. Jika subsidi tidak hanya terbatas pada kata 'Uang', maka, 'Waktu' pun bisa masuk dalam kategori di-subsidi. Berikut, Subsidi Silang Liburan
  1. Weekend Getaway - Jika pilihan waktu liburan Anda adalah pada akhir pekan, maka ambillah cuti pada hari jum'at. Agar masa liburan Anda tidak terpotong dengan waktu perjalanan, maka pilih penerbangan malam di hari kamis, atau penerbangan pertama di hari jum'at. Kemudian, kembali ke kota asal dengan pesawat terakhir di hari minggu. 
  2. Tiket Promo - Saat Anda telah sukses mendapatkan tiket pergi, maka bersabarlah dengan tidak langsung membeli tiket return atau pulang. Biasanya, pemberlakuan tiket promo hanya tersedia untuk sekali keberangkatan saja. Nah, jika jadwal keberangkatan Anda masih lama, maka sesekali Anda perlu cek harga tiket untuk membeli tiket pulang. Prinsip, jadwal promo tiket pada saat ini, lebih sering berlangsung. Dan, untuk mengetahui jadwal promo ini, ada baiknya Anda berlangganan email gratis maskapai berbajet rendah (LCC).
  3. Low Cost Carrier - Jika jelang keberangkatan, Anda belum juga mendapatkan tiket pulang dengan harga terjangkau, maka kombinasikan perjalanan Anda dengan menggunakan maskapai lain. Toh, perusahaan penerbangan berbajet rendah tidak hanya satu, kan? Mis: citilink.co.id, tigerairways.com, airasia.com, jetstar.com. Dengan cara mengkombinasikan penggunaan maskapai, secara tidak langsung, Anda juga bisa melihat keunggulan masing-masing maskapai. 
  4. Web Ceck-In - Jika Anda tidak punya banyak waktu untuk proses ceck-in, maka Anda perlu mendata, maskapai yang memberikan fasilitas web ceck-in mulai H-7 sampai H-24 jam sebelum penerbangan. Web ceck-in, juga bisa memangkas ongkos pilih kursi, saat reservasi via online. 
  5. Save 'n Spend - Menabunglah dan mencicilah. Mis: jika Anda mendapat tiket promo atau berencana liburan 4 bulan ke depan. Maka, bulan selanjutnya yang Anda lakukan adalah membeli tiket pulang. Kemudian 2 bulan berikutnya adalah reservasi untuk akomodasi penginapan, dan di bulan terakhir hingga jadwal perjalanan tiba, Anda hanya menyisihkan uang saku.
  6. Online Reservation - Hematlah waktu Anda dengan melakukan reservasi via online. Manfaatkan sejumlah situs penyedia jasa layanan reservasi hotel. Tujuannya, agar Anda tidak menghabiskan waktu dengan mencari penginapan. Tapi, penting untuk diingat, lakukan pengecekan ulang tarif hotel pilihan, sebelum Anda melakukan transaksi. Publish rate hotel, bisa jadi sama harga atau lebih murah dengan rate di situs reservasi hotel. Selisih harga ini yang bisa Anda manfaatkan untuk keperluan lain. 
  7. Bajet Hotel - Lakukan penghematan dalam memilih penginapan. Lakukan ini dengan tidak memilih hotel berbintang. Toh, waktu liburan Anda, akan dihabiskan untuk perjalanan, bukan untuk tidur. Hostel atau guesthouse pun, meski memiliki fasilitas standar, tapi tidak meninggalkan kesan nyaman. Kalau berkeras tinggal di hotel, tapi tetap ingin berhemat, maka pilihlah bajet hotel. Dan, kalau Anda, tergabung dalam jejaring sosial berbasis traveller, macam couchsurfing.org, maka dana akomodasi penginapan bisa disubsidi ke postingan bajet lainnya.Couchsurfing bisa membantu Anda mengenal kehidupan warga lokal. 
  8. Flight or - Jika Anda memiliki sedikit waktu untuk liburan, maka pilih moda transportasi yang mempersingkat waktu dan jarak tempuh - Pesawat. Semakin Anda cepat tiba di tujuan, semakin banyak waktu yang Anda miliki untuk eksplor tujuan destinasi Anda. Dan Anda pun tidak membuang banyak tenaga dengan perjalanan lama.
Powered by Telkomsel BlackBerry®

0 komentar:

Powered by Blogger.