Saturday, January 26, 2013

Toraja seorang diri (Part 2)

Toraja itu eksotik! Toraja itu luar biasa! Kalau sudah ke Toraja pasti keren!
Ah, proses ke Torajanya yang ga semuda menyebut diri keren, luar biasa kalau sudah injakan kaki ke sana. Proses, brow! Apa yang dilihat? apa tujuannya? Rute mana yang diambil? Pelajari pula adat dan kebiasaan warga lokal. Toh, travelling tidak sekedar keluar rumah, tapi, juga temukan sesuatu yang membuat diri jadi beda. Apa itu? Setiap orang pasti punya misi, kan?
Kurang dari 2 minggu itu, aku banyak belajar terkait dengan Toraja. Bukan hanya adat istiadat warga lokal, tapi juga tipografi jalan, peta kota, transportasi, rute, dan lingkungan. Semua ku lahap. Aku hanya ga mau gagal dalam perjalanan ini. Semua informasi aku lahap, karena ini kali pertama perjalanan ku ke Toraja, dan utamanya ke pulau Sulawesi. Toh, uang yang aku keluarkan juga tidak sedikit. Itu sebab, aku benar-benar pahami keadaan. Banyak tanya lah, dengan orang-orang yang pernah injakkan kaki ke Toraja.
Komunitas perjalanan itu erat kok, hubungan emosionalnya. Percaya deh.
Dari informasi yang kudapat, aku kemudian membuat itineraire untuk 6 hari perjalanan. Waktu tempuh, ku perhitungkan cermat. Jam bangun pagi. Jam sarapan, berangkat. Jatah waktu makan siang, porsi istirahat diperjalanan, sampai peta perjalananpun aku cetak. Jarak tempuh kilometer dan jamnya aku catat. Detail se detail-detailnya. Buat apa? Kan lagi liburan? Oke, liburan pun harus disiplin.

Data tiap kota yang menuju ke Toraja pun aku catat, pun hal yang istimewa di kota tersebut. Makassar - Toraja itu jauh, sejauh itu pula bisa dapatkan pemandangan itu. Itu hiburan.
Dan memang benar, benar-benar menghibur. Setidaknya itu yang aku dapatkan informasi dari seorang teman, dan sumber catatan perjalanan sebelumnya. Sulawesi sisi barat itu punya landscape yang ajib. Tidak cukup bekal ilmu itu, tiap saat pun aku aktif berkomunikasi dengan teman-teman baru di jejaring sosial, baik via twitter atau pun facebook. Makanya aku cukup percaya diri melakukan perjalanan ini, seorang diri. Yes, karir #Solotraveller lagi.
Powered by Telkomsel BlackBerry®

0 komentar:

Powered by Blogger.