Sunday, April 23, 2006

Bentuknya memang minimalis. Besi panjang dibentangkan sepanjang lebar jalan. Kedua ujungnya di letakkan patok yang masing-masing berfungsi sebagai pengunci dan engsel. Bentuknya yang minimalis tetap saja dipertahankan sejak dulu. Kalaupun ada perubahan dan modifikasi, tetap saja tidak menghilangkan ciri khas benda ini. Biasanya benda ini diletakkan di mulut jalan, di depan gang, atau akses masuk dari sebuah jalan, dan pemukiman. Well, sebut saja namanya portal. Bentuknya yang minimalis itu sangat berfungsi dalam mencegah tindak kejahatan pencurian. Sampai-sampai setiap akses jalan masuk selalu diberi portal. Sekedar latah kah para penduduk di pemukiman tersebut. Ngerasa aja, kalau setiap pemukiman yang diberi portal memberikan kesan ekslusif. Kalau pun portal itu bisa bicara, maka yakin dech kalau portal itu ingin bicara, ?siapapun dilarang masuk, kecuali penghuni?. Nah loh!!!??
Portal digunakan sebagai alat keamanan? Oke aja. Tapi, jika kemudian mengurangi mobilitas untuk keluar masuk? Portal jadi mengganggu. Bayangkan saja, jika rumah kita terletak di belakang pemukiman tertentu. Karena satu dan dua alasan, kita pulang malam. Lantaran kita harus pulang malam, maka akses masuk pun jadi terhadang. Coba saja, jika kemudian untuk beraktifitas kita harus menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat. Maka? Sudah bisa ditebak kan efeknya seperti apa. Siapa yang benar dan siapa sebenarnya yang egois?
Jalan, mestinya digunakan untuk masyarakat banyak. Tidak peduli apakah tinggal atau tidak tinggal di lingkungan tersebut, semua orang berhak melintas. Toh, kalau melihat azaz keadilan, maka penggunaan portal yang tidak pada porsinya, justru memberikan kesan adanya ketidakadilan. Atas dasar apa jalan umum diportal. Sudahlah, tidak perlu kemudian berdalih dengan mengatakan, ?inikan lingkungan perumahan?.
Kalaupun kemudian dengan alasan keamanan portal tetap dipasang, pliz, posisikan seseorang petugas keamanan di lokasi tersebut, agar mobilitas orang banyak tidak terganggu. Gampang, kan?

1 komentar:

rizkapb said...

hum, pengalaman pulang malem terus terhambat portal yah? :D

setuju sih.. ada penempatan satpam via portal. Atau kalau perlu.. setiap warga dikasi cadangan kunci gembok portal. :)

tapi kadang portal itu ada gunanya lho! pencuri mobil jadi mikir 2 x buat nyuri mobil :)

Powered by Blogger.